Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Warna Warni Sekolahku

 


Warna Warni Sekolahku

Penulis:

    Nurul Syavira

    Ahyatul Saafa

    Galih Adiya Pasole

Tebal: 81 halaman

Ukuran: 14,5 cm  x 20,5 cm

Harga: 55.000

QRCBN: 62-250-3946-044



“Apa yang biasanya teman-teman lakukan di sekolah? Banyak sekali pengalaman dan pelajaran seru yang kita lakukan di sekolah bersama guru dan juga teman-teman. Ini merupakan kisah keseruan kami di SD Negeri 007 Bintan Timur. Kami tuangkan dalam buku  yang berjudul Warna Warni Sekolahku. Selamat membaca.”



----------------------------------------------------

Aku Belajar Merangkai Listrik

Karya: Ahyatul Saafa


Pak Syafrin menyampaikan kepada kami semua di dalam kelas, bahwasanya sesuai dengan materi selanjutnya, akan ada proyek kembali yang akan kami kerjakan. Pak Syafrin menjelaskan bahwa terkait dengan materi listrik, kami akan membuat suatu rangkaian sederhana untuk membuktikan bagaimana terjadinya aliran energi listrik. Ketika pelajaran IPAS berlangsung, Pak Syafrin menjelaskan kepada kami bahwa kita akan membuktikan bagaimana energi listrik bisa mengalir dengan membuat suatu karya sederhana berkaitan dengan listrik. 

Pak Syafrin menunjukkan video pembelajaran yang sesuai dengan tugas yang akan kami kerjakan. Kemudian Pak Syafrin mengajak kami untuk menulis bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat karya sederhana tersebut. Karena tugas ini akan dikerjakan secara berkelompok, lalu Pak Syafrin kembali membagikan kami kedalam beberapa kelompok kecil. 

Setelah Pak Syafrin membagikan kelompoknya, kami diminta untuk duduk sesuai dengan kelompok yang telah diberikan dan kami pun berdiskusi untuk menentukan bahan-bahan apa saja yang perlu disiapkan. 

Akhirnya, kami pun selesai berdiskusi dan mendapatkan suatu kesepakatan bahwa bahan yang harus kami bawa adalah kardus bekas, lampu kecil, stop kontak, 2 buah baterai ukuran besar, lakban berwarna hitam, dan kabel. Setelah diskusi selesai, kami pun beristirahat karena bel tanda istirahat telah berbunyi. Setelah beberapa menit istirahat dan makan di kantin, kami pun akhirnya kembali ke kelas karena bel masuk telah berbunyi. 

Setelah kami duduk di dalam kelas dan kami pun melanjutkan diskusinya bersama kelompok. Setelah kami lanjut berdiskusi, kamipun pada akhirnya setuju terhadap hasil yang sudah kelompok kami tentukan. Setelah pulang sekolah, kamipun mempersiapkan bahan-bahan yang perlu dibawa ke sekolah. 

Keesokan harinya, aku pergi ke sekolah seperti biasanya. Sesampainya di sekolah aku pergi ke kelas dan Seperti biasa aku meletakkan tas dan dilanjutkan dengan piket kelas. Ketika bel masuk berbunyi, kami langsung masuk ke kelas dan mengerjakan tugas membuat karya rangkaian listrik sederhana. 

Pertama-tama, kami membuat pola di kardus. Kami membuat pola persegi empat, setelah selesai membuat pola, kami menggunting polanya. Setelah selesai menggunting polanya, kami menempelkan kabel dan baterai menggunakan lakban hitam. Selanjutnya kami menempelkannya lagi dikardus yang sudah kami buat. 

Selanjutnya, kami mengambil stopkontak dan kami lilitkan diujung-ujung kabelnya. Setelah kami melilitkannya, kami menempelkan kabel tersebut di kardus. Setelah itu, kami melanjutkan pengerjaan rangkaian listriknya dengan mengambil dua bola lampu kecil lalu kami lilitkan pada kabel. 

Setelah kami lilitkan lampu pada kabel, kami pun menyambungkannya dengan bola lampu menggunakan kabel. Dan pada akhirnya, karya kami pun jadi dengan baik. Setelah itu, kami mencoba menyalakan bola lampunya dan ternyata berhasil. Kami pun satu kelompok merasa sangat gembira dan senang sekali. 

Lalu, Pak Syafrin meminta kami untuk menjelaskan apa yang kami buat dan Apa fungsi dari bahan–bahan yang kami gunakan tadi untuk dijelaskan kepada teman-teman kelompok yang lain. Terakhir, kami diminta untuk meletakkan karya kami di atas lemari pajangan kelas.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640