Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Sandwich Generation: Apa Itu, Penyebab, dan Tips Mengatasinya

(Sumber: Unsplash)


Sandwich generation adalah istilah yang mengacu pada individu paruh baya yang harus menanggung hidup dua generasi, yaitu anak-anaknya dan orang tua mereka. Istilah ini pertama kali digunakan oleh seorang pekerja sosial bernama Dorothy Miller pada tahun 1981.


Pengertian Sandwich Generation

Sandwich generation dapat diartikan sebagai generasi yang terimpit karena harus menanggung hidup dua generasi, yaitu anak-anaknya dan orang tua mereka. Jadi kalau diibaratkan dengan sandwich, mereka adalah isi dari roti tersebut, sedangkan orang tua dan anak-anak mereka adalah kedua sisi roti.


Penyebab Sandwich Generation

Ada beberapa faktor yang menyebabkan munculnya sandwich generation, antara lain:

=> Perpanjangan usia harapan hidup

Saat ini, usia harapan hidup manusia semakin meningkat. Hal ini berarti bahwa orang tua akan hidup lebih lama, sehingga membutuhkan dukungan finansial dan perawatan yang lebih lama dari anak-anak mereka.

=> Penundaan pernikahan

Tren penundaan pernikahan dan kehamilan membuat semakin banyak orang yang memiliki anak di usia yang lebih tua. Hal ini berarti bahwa mereka akan memiliki tanggung jawab untuk membesarkan anak-anak mereka dalam waktu yang lebih lama.

=> Masalah ekonomi

Kondisi ekonomi yang tidak stabil dapat membuat orang tua kesulitan untuk memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Hal ini membuat anak-anak mereka perlu memberikan dukungan finansial.


Baca juga: Girl Math, Akuntansi Mental yang Unik


Tantangannya Sandwich Generation

Sandwich generation menghadapi berbagai tantangan, antara lain:

=> Tekanan finansial

Sandwich generation harus menanggung beban pengeluaran yang besar untuk memenuhi kebutuhan dua generasi. Hal ini dapat menyebabkan stres dan kecemasan.

=> Kehilangan waktu

Sandwich generation harus membagi waktu mereka antara pekerjaan, keluarga, dan merawat orang tua. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan dan stres.

=> Kehilangan kebebasan

Sandwich generation harus membuat banyak pengorbanan untuk memenuhi tanggung jawab mereka. Hal ini dapat menyebabkan mereka merasa kehilangan kebebasan.


Tips Menghadapi Sandwich Generation

Berikut adalah beberapa tips untuk menghadapi sandwich generation:

=> Komunikasikan dengan keluarga

Sandwich generation perlu berkomunikasi dengan keluarga mereka untuk mencapai kesepakatan tentang tanggung jawab masing-masing.

=> Buat anggaran

Sandwich generation perlu membuat anggaran yang realistis untuk mengelola keuangan mereka.

=> Cari bantuan

Sandwich generation perlu mencari bantuan dari keluarga, teman, atau lembaga sosial untuk mengatasi tantangan yang mereka hadapi.


Sandwich generation adalah fenomena yang semakin umum terjadi di masyarakat. Mereka menghadapi berbagai tantangan, baik finansial, psikologis, maupun sosial. Untuk mengatasi tantangan tersebut, sandwich generation perlu memiliki perencanaan keuangan yang matang dan dukungan dari keluarga dan teman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640