Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Meningkatkan Literasi Digital dengan Aplikasi Wattpad dan Pencegahan Stres

(Sumber: Unsplash)



Meningkatkan Literasi Digital dengan Aplikasi Wattpad dan Pencegahan Stres

Oleh Kurniawan

Dibukukan dalam buku berjudul Literasi Digital 



Indonesia merupakan salah satu negara yang masyarakatnya menggunakan teknologi informasi. Teknologi informasi berkembang dengan pesat dikalangan masyarakat, memperoleh informasi dapat dengan mudah, salah satunya yakni tersedianya berbagai macam literasi digital yang dapat diakses dan memiliki manfaat.

Literasi digital hadir ditengah-tengah masyarakat sebagai kemudahan dalam memperoleh informasi. Literasi digital merupakan pengelolaan media yang menyediakan kebutuhan masyarakat yang berbasis digital. Literasi digital erat kaitannya dengan bacaan dan memungkinkan masyarakat mengaksesnya dengan mudah.

Masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari dekat dengan literasi digital, hal ini dikarenakan perkembangan internet dengan pesat. Aktivitas masyarakat yang beragam memungkinkan untuk memerlukan informasi dalam menjalankan aktivitasnya, oleh karena itu dibutuhkan literasi digital ditengah-tengah masyarakat.

Literasi digital dapat dengan mudah diakses, salah satunya yakni aplikasi wattpad yang digunakan dikalangan masyarakat. Pengguna wattpad dikalangan masyarakat salah satunya, yakni remaja di kala waktu senggang. Wattpad memungkinkan penggunanya untuk mengasah kemampuannya dalam menulis cerita yang berbasis digital.

Aktivitas menulis dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kreativitas. Wattpad membawa manfaat dikalangan remaja dengan fitur yang disediakan. Wattpad dapat digunakan dalam waktu istirahat sebagai kegiatan yang positif dikala padatnya kegiatan.

Mengasah kreativitas ditengah-tengah kemajuan teknologi mempermudaah masyarakat, dengan tersedianya segala kebutuhan. Kreativitas merupakan aspek penting dalam peningkatan kualitas, salah satu caranya yakni menulis cerita.

Aktivitas masyarakat dalam sehari-hari sangat beragam yang membutuhkan banyak energi. Aktivitas yang dilakukan akan membuang banyak energi yang biasanya akan membuat stres. Mengalami stress akan mempengaruhi kesehatan, salah satu cara untuk mengatasinya denga menulis.

  

Mengenal Wattpad dan Manfaatnya

Penggunaan media sosial merupakan bentuk perkembangan teknologi informasi, dikutip dari (Istiani and Islamy 2020) media sosial merupakan media online yang memungkinkan penggunanya mengaksesnya dengan berbagai macam fitur dan memungkinkan interaksi sosial. Media sosial memiliki berbagai macam fitur dengan fungsinya.

Media sosial yang kerap digunakan remaja dalam membaca adalah wattpad yang dapat diakses dengan mudah. Dikutip dari (Informasi, Teknik, and Udayana 2014) wattpad merupakan Platform media sosial yang berasal dari kanada yang dapat memungkinkan untuk membaca dan mengirim karya penggunanya yang berupa artikel, cerita pendek, novel dan puisi.

Wattpad merupakan aplikasi yang dapat meningkatkan literasi digital bagi penggunanya, wattpad menyediakan berbagai macam cerita yang menarik dan dapat mengasah kreativitas penggunanya dalam penulisan. Literasi merupakan aspek penting dalam meningkatkan kualitas, wattpad menjadi aplikasi yang menyediakan literasi digital. Literasi digital mempunyai peran serta dalam membangung dan memajukan sebuah negara, oleh karena itu meningkatkan literasi sangat penting.

Wattpad dapat menimbulkan minat literasi bagi kalangan penggunanya, dengan menggunakan wattpad secara sering akan membawa manfaat yang positif, dengan membuat tulisan yang menarik akan membuat pembacanya tertarik untuk membacanya dan menimbulkan minat literasi.

Cegah Stres dengan Wattpad

Kesehatan merupakan aspek yang perlu diperhatikan khususnya kesehatan mental, dengan kesehatan mental yang baik dapat mempermudah dalam beraktivitas. Dikutip dari (E-issn, Farmako, and Plus 2023) kesehatan mental merupakan salah satu ilmu yang memiliki aturan dan prosedur dalam meningkatkan kesehatan mental. Masyarakat yang kesehatan mentalnya baik memiliki keadaan tentram.

Masalah yang dialami dalam kehidupan sehari-hari dapat memicu gangguan kesehatan mental, salah satunya yakni stres. Stres yang timbul dapat mengganggu dalam menjalankan aktivitas dan menurunkan kualitas, pencegahan stres merupakan faktor yang penting.

Dikutip dari kompasiana.com Menulis dapat menghilangkan stres. Menuangkan pikiran dalam tulisan dikalah mengalami masalah akan membantu dalam mengatasi stres, menulis juga membuat keadaan menjadi tentram, dengan menulis dapat melupakan sejenak  masalah yang dialami.

Membaca dapat membuat keadaan lebih tenang dan mengurangi stres. Membaca dalam keadaan lagi mengalami masalah akan membantu membuat diri lebih tenang, dikarenakan dengan membaca akan membuat fokus.

Wattpad merupakan aplikasi yang dapat mengatasi stres yang dialami, dikarenakan dalam wattpad kita dapat dengan mudah mengakses bacaan dan menulis. Membaca dan menulis dapat mengatasi stres, oleh karena itu wattpad menjadi pilihan ketika mengalami stres.

Baca juga: Literasi Digital bagi Pustakawan Digital Immigrant



Profil Penulis

          Kurniawan. Penulis merupakan mahasiswa aktif di kampus IAIN (Institut Agama Islam Negeri) kota parepare mengambil jurusan PAI (Pendidikan Agama Islam) fakultas tarbiyah dan saat ini semester dua. Lahir Kalimantan Timur di kota Bontang, dan saat ini menetap di kota Parepare bersama keluarga. Memiliki beberapa tulisan yang diterbitkan berupa opini dan artikel. Bergabung pada komunitas dalam bidang penulisan, yakni Forkim (Forum Riset dan Karya Tulis Mahasiswa). Memiliki impian ingin mempunyai sepuluh tulisan yang terbit pada website. Menyukai beberapa hal salah satunya, yakni jalan-jalan dikarenakan jalan-jalan dapat menambah pengalaman. Memiliki hewan peliharaan, yaitu kucing dengan dua ekor dan menyukainya dikarenakan imut dan lucu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640