Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Kebutuhan vs Keinginan: Perbedaan dan Pentingnya untuk Perencanaan Keuangan

(Sumber: Unsplash)


Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang sering kali disalahartikan. Padahal, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.


Pengertian Kebutuhan dan Keinginan

Kebutuhan adalah segala sesuatu yang diperlukan untuk mempertahankan hidup dan kelangsungan hidup manusia. Kebutuhan bersifat esensial dan bersifat mutlak harus dipenuhi.

Sedangkan, keinginan adalah segala sesuatu yang diharapkan atau diinginkan oleh manusia. Keinginan bersifat subjektif dan tidak mutlak harus dipenuhi.


Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan. 

Perbedaan kebutuhan dan keinginan dapat dilihat dari beberapa aspek, yaitu:

  • Sifat

Kebutuhan bersifat esensial dan mutlak harus dipenuhi, sedangkan keinginan bersifat subjektif dan tidak mutlak harus dipenuhi.

  • Tingkat Pentingnya

Kebutuhan memiliki tingkat kepentingan yang lebih tinggi daripada keinginan. Kebutuhan harus dipenuhi terlebih dahulu agar manusia dapat bertahan hidup dan melanjutkan aktivitas sehari-hari.

  • Sumber

Kebutuhan berasal dari faktor internal, yaitu kebutuhan manusia yang muncul dari dalam diri manusia itu sendiri. Sedangkan, keinginan berasal dari faktor internal maupun eksternal, yaitu kebutuhan manusia yang muncul dari pengaruh lingkungan sekitar.

  • Kemungkinan Perubahan

Kebutuhan bersifat tetap dan tidak mudah berubah. Sedangkan, keinginan bersifat dinamis dan dapat berubah seiring dengan perkembangan zaman.


Pentingnya Memahami Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan memiliki beberapa manfaat, yaitu:

  • Membantu dalam perencanaan keuangan

Dengan memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan, kita dapat memprioritaskan pengeluaran sesuai dengan kebutuhan. Hal ini dapat membantu kita untuk mengelola keuangan dengan lebih baik.

  • Membantu dalam pengambilan keputusan

Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan dapat membantu kita dalam pengambilan keputusan yang lebih bijak. Kita dapat memilih untuk memenuhi kebutuhan terlebih dahulu daripada keinginan.

  • Membantu dalam pengendalian diri

Memahami perbedaan kebutuhan dan keinginan dapat membantu kita untuk mengendalikan diri dari keinginan-keinginan yang tidak perlu. Hal ini dapat mencegah kita untuk melakukan pemborosan.


Baca juga: Kenapa di zaman ini semuanya serba iklan?


Tips Membedakan Kebutuhan dan Keinginan

Berikut adalah beberapa tips untuk membedakan kebutuhan dan keinginan:

  • Pikirkan secara rasional

Saat kita ingin membeli sesuatu, cobalah untuk berpikir secara rasional. Apakah barang atau jasa tersebut benar-benar dibutuhkan atau hanya sekadar keinginan?

  • Pertimbangkan anggaran keuangan

Sebelum membeli sesuatu, pertimbangkan terlebih dahulu anggaran keuangan yang dimiliki. Apakah pengeluaran tersebut sesuai dengan anggaran keuangan yang dimiliki?

  • Berkonsultasi dengan orang lain

Jika kita merasa bingung untuk membedakan kebutuhan dan keinginan, cobalah untuk berkonsultasi dengan orang lain yang lebih berpengalaman.


Kebutuhan dan keinginan merupakan dua hal yang berbeda. Memahami perbedaan keduanya memiliki beberapa manfaat, yaitu membantu dalam perencanaan keuangan, pengambilan keputusan, dan pengendalian diri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640