Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Mengubah PTK Menjadi Buku Ber-ISBN

 


Mengubah PTK Menjadi Buku Ber-ISBN


Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran yang berlangsung di dalam kelas. Pembuatan penelitian tindakan kelas dilakukan agar guru bisa refleksi dan evaluasi apa yang sudah ia lakukan untuk kemudian melakukan perbaikan sekaligus peningkatan mutu pembelajaran di kelas.

Selain sebagai sarana evaluasi bagi guru, PTK juga menjadi salah satu syarat dalam pengajuan kenaikan pangkat. Caranya adalah dengan menjadikan hasil penelitian tindakan kelas tersebut sebagai jurnal ataupun buku umum yang tak hanya bermanfaat bagi bagi guru tersebut tapi juga menjadi bacaan umum bagi guru maupun masyarakat. Inilah beberapa cara mengubah PTK menjadi buku hingga bisa mendapatkan ISBN dari perpusnas 


1. Mengubah Judul PTK

Judul hasil penelitian tindakan kelas umumnya bersifat ilmiah, sehingga dianggap kurang menarik untuk disajikan sebagai buku umum yang bisa dibaca oleh semua kalangan. Oleh karena itu, hal pertama yang harus dilakukan mengubah judul PTK menjadi judul buku yang ringkas, provokatif serta menarik minat orang untuk membacanya.

Sebelum mengubah judul PTK, ada baiknya membuat topik dari PTK menjadi spesifik termasuk menambah unsur pemikat, bisa dengan menambahkan kata benda, kata sifat maupun kata kerja.


2. Mengubah Sistematika PTK

Pada PTK, umumnya terdapat pendahuluan, latar belakang, tujuan penelitian hingga rumusan masalah. Jika ditinjau dari penyusunan buku populer, hal ini dianggap kurang menjual atau tidak menarik. 

Oleh karena itu, ubahlah sistematika PTK yang sesuai dengan sistematika penyusunan sebuah buku seperti menambahkan permasalahan yang tengah dihadapi, kondisi ideal yang diharapkan hingga solusi untuk permasalahan tersebut.


3. Mengubah Gaya Bahasa dalam PTK

Gaya bahasa dalam PTK umumnya bersifat ilmiah dan kaku. Bahasa seperti ini dianggap kurang menarik jika diterapkan ke dalam buku. Karena buku populer, lebih mengedepankan gaya bahasa yang simpel, luwes dan mudah dipahami karena pembaca buku populer berasal dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat.


4. Tidak Menyajikan Data Mentah

Hal umum dalam PTK adalah data mentah seperti identitas responden yang sebenarnya tidak terlalu penting dalam sebuah buku. Ada baiknya, mengubah data-data yang bersifat ilmiah tersebut menjadi sebuah info grafis yang menarik dengan memanfaatkan rentang data maupun tabel-tabel yang mudah dipahami oleh pembaca.


5. Mengirim ke Penerbit

Setelah hal teknis terkait mengubah PTK menjadi sebuah buku yang layak untuk dibaca selesai dilakukan, langkah selanjutnya adalah mencari atau mengirimkan PTK yang telah dikonversi menjadi bahan buku kepada penerbit.

Keberadaan penerbit di sini berfungsi untuk menguatkan legalitas dari buku yang telah dibuat serta mendaftarkannya melalui penerbit untuk memperoleh International Standard Book Number atau ISBN.

Sebelum dikirim ke penerbit, lengkapi format ini:

Judul, kata pengantar, daftar isi, daftar pustaka dan profil penulis.

Segera kirim naskah bapak/ibu ke Penerbit Al Qalam Media Lestari! 




Penerbit Al Qalam Media Lestari adalah sebuah penerbitan buku indie yang menerima naskah fiksi maupun non fiksi. Sistem kerja kami 1-3 pekan. Untuk ISBN bisa lebih lama tergantung perpusnas. Beralamat di Pati Jawa Tengah.

Kami melayani ISBN, HAKI, QRCBN, editing layouting design cover, partner event, partner cetak, sponsorship, dll



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640