Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

10 Cara Menghilangkan Rasa Malas

 


Rasa malas memang bisa menimpa siapa saja, sudah tak asing lagi memang bahwa rasa malas itu adalah sesuatu yang kurang baik. Maka dari itu, beberapa hal ini merupakan cara untuk menghilangkan rasa malas. Di antaranya yaitu:

1. Tentukan target yang ingin dicapai

Kurangnya motivasi menyebabkan seseorang akan malas melakukan sesuatu. Hal ini dapat diatasi dengan menetapkan tujuan dan target terlebih dahulu. Namun, target yang tidak realistis biasanya akan membuat Anda kewalahan. Ini kemudian akan memadamkan semangat dan keinginan untuk menyelesaikan aktivitas. Maka dari itu usahakan untuk selalu menetapkan target yang lebih kecil dari apa yang bisa anda capai sesuai dengan kemampuan anda. Ini sendiri diyakini sebagai salah satu cara untuk melawan kemalasan.

2. Hindari terlalu banyak mengeluh

Kebanyakan orang akan merasa bahwa pekerjaan mereka tidak cocok untuk mereka atau bahkan bukan bagian dari profesi impian mereka. Anggapan ini akan sering mengikis semangat dan menjadi sumber kemalasan. Jika pengalaman itu kemudian menimpa Anda, hindari mengeluh berkepanjangan tentang hal-hal yang mengganggu pekerjaan Anda dan belajarlah untuk lebih bersyukur. Anda juga bisa mulai dengan mencatat manfaat yang Anda peroleh dari pekerjaan Anda atau perusahaan atau bagian dari pekerjaan Anda yang benar-benar Anda nikmati.

3. Hindari perfeksionisme

Sikap perfeksionisme ini akan menyebabkan tingkat kemalasan dan depresi yang tinggi. Maka dari itu berhentilah berharap terlalu tinggi saat beraktivitas. Hindari mengincar kesempurnaan karena akan memadamkan semangat saat menjumpai masalah yang tak kunjung usai.

4. Hormati prosesnya

Menghargai proses adalah memberikan hadiah ketika telah mencapai target. Cara-cara tersebut juga dapat membantu meningkatkan motivasi seseorang dan mampu melawan kemalasan serta membuat rencana jangka panjang menjadi kenyataan. Kamu juga perlu memberi hadiah untuk dirimu sendiri, misalnya makan es krim, tidak perlu muluk-muluk, sederhana saja, yang penting membahagiakanmu.

5. Mencari tahu penyebabnya

Kemalasan sering datang dan sulit untuk ditahan. Jika Anda mengalaminya, sebaiknya segera cari tahu apa penyebabnya. Luangkan waktu Anda untuk introspeksi diri agar Anda memahami dengan baik faktor apa saja yang memicu rasa malas Anda. Misalnya rasa lelah dan takut. Anda juga bisa memulai proses ini dengan mencatat aktivitas sehari-hari yang sering Anda lakukan, minimal selama 1 minggu. Kegiatan ini juga akan memudahkan Anda mendeteksi berbagai aktivitas dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah dalam kemalasan Anda. Jika Anda merasa malas karena lelah, istirahatlah dan kemudian lebih fokus untuk bersantai. Jika penyebab kewalahan Anda adalah karena banyaknya tugas, yang terbaik adalah mundur selangkah dan mengatur ulang prioritas Anda, lalu selesaikan satu per satu.

6. Bekerja dari yang termudah

Buatlah daftar pekerjaan mulai dari yang paling mudah dilakukan saat pertama kali mulai bekerja. Melakukan pekerjaan mulai dari yang paling sulit tentunya akan memakan banyak waktu dan pikiran yang lebih lama. Anda juga bisa mengerjakan tugas-tugas ringan dalam waktu sesingkat mungkin, sebelum akhirnya berpindah ke pekerjaan yang lebih berat dengan waktu penyelesaian yang lebih lama. Jika tugas-tugas tersebut kemudian dirasa terlalu berat, bagilah menjadi beberapa bagian. Setelah itu Anda bisa menyelesaikannya secara bertahap agar tidak kewalahan dan waktu Anda terpakai dengan efektif. Selain membuat Anda lebih efisien, menyelesaikan tugas juga bisa memberi Anda kepuasan. Kamu juga akan lebih termotivasi karena kamu telah berhasil mencapai tujuan yang kamu buat untuk diri kamu sendiri.

7. Tetapkan jadwal

Dengan mengatur jadwal, akan menghilangkan jeda bermalas-malasan, mengatur rutinitas sehari-hari. Biasakan mencatat agar Anda bisa lebih disiplin dan teratur. Bila perlu, berikan batasan waktu dan deadline pada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan atau pekerjaan. Tidak hanya sebatas rutinitas kerja, tetapi juga dalam berbagai aktivitas pribadi. Misalnya, waktu yang Anda habiskan untuk menjelajahi media sosial atau menonton maraton film.

8. Berpikir positif

Pikiran negatif adalah musuh besar yang harus diberantas. Kemalasan sendiri seringkali menimbulkan perasaan bersalah dan pesimisme karena dengan begitu seseorang bisa merasa gagal dan tidak menghasilkan apa-apa. Oleh karena itu, cari tahu cara menghilangkan pikiran negatif kemudian mulailah berpikir positif dengan menyemangati diri sendiri bahwa Anda bisa menyelesaikan pekerjaan hari ini juga. Hindari menunda-nunda pekerjaan yang bisa Anda lakukan mulai sekarang.

9. Atur Alarm

Salah satu cara menghilangkan rasa malas adalah dengan menentukan waktu yang singkat untuk melakukan sesuatu. Caranya adalah dengan mengatur alarm, katakanlah 10 menit. Kemudian lihat berapa banyak yang bisa Anda selesaikan dalam waktu itu. Mengatur alarm ini akan memotivasi Anda untuk melanjutkan apa yang Anda lakukan setelah penghitung waktu berakhir.

10. Berdoa 

Rasa malas itu termasuk hal yang kurang baik, oleh sebab itu, ada baiknya kita selalu berdoa kepada Allah agar selalu dihindarkan dari rasa malas, dan menjalani hidup dengan sesuatu yang lebih berguna. Oleh karenanya, doa termasuk ikhtiar dan bentuk kepasrahan agar Allah selalu menggerakkan hati dan fikiran agar terhindar dari rasa malas.

Semoga bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640