Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

‘Ulumul Qur’an untuk Semua

 



‘Ulumul Qur’an untuk Semua 

Penulis: Imron Rosadi

Ukuran: 14,5 cm x 20,5 cm

Harga: 90.000

ISBN: 978-602-5944-63-5


Kita yakini bahwa al-Qur’an adalah kitab yang mulia, apapun yang dikaitkan kepadanya akan ikut mulia. Jibril sebagai Malaikat yang menyampaikan al-Qur’an kepada Nabi menjadi malaikat yang mulia. Ramadhan sebagai bulan diturunkannya al-Qur’an pun menjadi bulan yang mulia. Dan Nabi Muhammad menjadi Nabi yang mulia karena memiliki akhlak yang seperti al-Qur’an. 

Berangkat dari kenyataan ini, penulis tergerak untuk menyajikan buku yang sederhana yang berkaitan dengan ilmu-ilmu al-Quran atau ‘Ulumul Qur’an. Meskipun telah kita sadari bersama bahwa para ‘Ulama terdahulu sudah banyak dan lengkap mengarang kitab ‘Ulumul Qur’an. Sebut saja Imam Al-Suyuthi dengan karangannya berupa Al-Itqan Fi ‘Ulumil Qur’an, Imam Al-Zarkasyi dengan Al-Burhan Fi ‘Ulumil Qur’an, Imam Al-Zarqani dengan manahilul ‘Irfan dan ulama-ulama lainnya yang mengarang kitab tentang ilmu-ilmu yang berkaitan dengan al-Qur’an.

Penulis menyadari bahwa sebagai warga non Arab, khususnya orang Indonesia, masih ditemukan kesusahan guna mempelajari ‘Ulumul Qur’an jika harus mengakses dari kitab rujukan utama di atas. Terlebih bagi kalangan yang tidak mengenyam dunia pesantren maupun Universitas keagamaan lainnya.

Oleh karenanya, setidaknya buku yang ringkas ini bisa memberikan sedikit hidangan bagi pecinta al-Qur’an khususnya di pesantren Bayt al-Quran tempat penulis menghabiskan masa mudanya, lebih-lebih bagi masyarakat umum yang mungkin saja merindukan ilmu-ilmu al-Qur’an tersebut. 

Sebagian buku ini berasal dari kumpulan-kumpulan makalah penulis, kemudian dilengkapi dengan bab-bab yang lain. Buku ini juga terdiri dari 13 bab judul besar, di mana 12 bab awal berisi tentang ‘Ulumul Qur’an seperti Nasikh Mansukh, Munasabah, Israilliyat, makna 7 huruf dan sebagainya. Sedangkan bab yang terakhir berisi sedikit tambahan berupa contoh penerapan kaidah-kaidah tafsir, itupun sangat sedikit.

Memang benar, bahwa buku ini bukan satu-satunya di Indonesia yang membahas tentang ‘Ulumul Qur’an, sebelumnya telah terbit beberapa buku bahkan banyak. Namun setidaknya penulis bisa berperan dalam dakwah membumikan nilai-nilai al-Qur’an di negeri pertiwi ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640