Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Teknik Riset Operasional

 


Oleh:

Nabila Syah Fitria, Muhammad Zakuan Ritonga, Muhammad Adlin Hasibuan, Mira Nanda Ambarita, Irma Suriani Tambunan, Nisa Mariana Harahap, Syarifah Lestari Siregar, Nurhalimah Tambunan, Eka Nurjannah Nasution, Melisa, Irmayanti, M.Pd.


Buku ini akan menjelaskan beberapa model dari materi teknik riset operasi, model yang nantinya akan membahas pengertian, kasus soal dan penyelesaiannya, Teknik riset operasi yaitu metode ataupun teknik-teknik yang dipakai untuk mengambil sebuah keputusan dan menyatukan berbagai ilmu untuk memecahkan suatu masalah yang dihadapi pada kehidupan sehari-hari maupun didalam suatu perusahaan. Dengan adanya riset operasi memudahkan sebagian orang untuk mengambil sebuah keputusan terhadapi masalah yang dihadapi. Pada buku ini penulis akan membahas beberapa model dari teknik riset operasi, diantarnya yaitu metode simpleks, disini arti metode simpleks yaitu sebagai suatu metode yang dapat dengan cepat menyelesaikan suatu masalah ataupun untuk mengambil suatu keputusan dengan menggunakan teknik sistematis, sistematis dalam bentuk variabel, algoritma,dan sebagainya. Nantinya pada model metode simpeks ini akan diberikan solusi untuk menyelesaikan suatu kasus guna untuk mendapat hasil keputusan dengan menggunakan teknik sistemastis.

Selanjutnya dibuku ini nantinya akan menberikan pemahaman menganai metode transportasi, mana arti dari metode transportasi yaitu salah satu solusi yang dapat digunakan untuk menyelesaikan permasalahan dalam transportasi yaitu bagaimana cara untuk mendistribusikan barang atau makanan dengan biaya sekecil mungkin. Dalam metode transportasi ini ada beberapa metode yaitu North West Corner Method (NWC), Least Cost, Vogel Approximation Method (VAM), kemudian untuk metode tes optimalisasi ada metode Stepping Stone dan metode Modi. Model selanjutnya yang akan dibahas di buku ini yaitu metode antrian, merode Banyak profesional percaya bahwa mempelajari metode antrian suatu metode yang dapat menyelesaikan masalah dengan metode analisis yang digunakan yaitu perangkat lunak POM-QM untuk windows dengan modul waiting lines dengan metode ini salah satu cara cepat memecahkan masalah dengan efektif. Yang terakhir yaitu Linear Programming, Linear Programming merupakan suatu model umum yang dapat digunakan dalam pemecahan masalah pengalokasian sumber-sumber yang terbatas secara optimal. Model yang digunakan dalam memecahkan masalah alokasi sumberdaya perusahaan adalah model matematis. Semua fungsi matematis yang disajikan dalam model haruslah dalam bentuk fungsi linear. Dalam model Linear Programming dikenal 2 macam fungsi yaitu fungsi tujuan “objective function” dan fungsi-fungsi batasan “constrain functions”. Fungsi Tujuan adalah fungsi yang menggambarkan tujuan/sasaran di dalam permasalahan LP yang berkaitan dengan pengaturan secara optimal sumberdaya-sumberdaya, untuk memperoleh keuntungan maksimal atau biaya minimal. Nilai yang akan dioptimalkan dinyatakan sebagai Z. Adapun simbol-simbol yang digunakan dalam pembahasan model Linear Programming. 

Buku ini dibuat dengan tujuan untuk berguna untuk menghadapi masalah-masalah, bagaimana mengarahkan dan mengkoordinasikan operasi-operasi atau kegiatan-kegiatan dalam suatu organisasi dengan segala keterbatasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640