Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Kiat/Tips Menjadi Master of Ceremony

 



Kiat/Tips Menjadi Master of Ceremony


Memiliki keinginan untuk menjadi seorang MC yang mumpuni harus mengetahui kiat atau tipsnya. Banyak teorinya, tetapi minim tips yang diberikan. Hal pertama yang harus dimiliki MC adalah murah senyum, karena akan menunjukkan keramahan dan keterbukaan kita kepada orang lain. Kedua, MC memiliki modal percaya diri agar mampu mengelola acara dan improvisasi. Ketiga, meskipun seseorang sudah terbiasa menjadi MC namun harus tetap menjaga konsentrasi agar tidak terjaid blank. Keempat, penguasaan urutan acara agar dapat memperkirakan apa yang akan dikatakan dan dilakukan selanjutnya. 

Kiat kelima, seorang MC harus rajin membaca untuk memeroleh pengaruh positif dan berwawasan luas supaya dapat luwes terhadap audiens. Keenam, MC sudah mengenali kelompok audiens untuk menentukan gaya bicara dan selingan yang akan dilontarkan nantinya. Jangan sampai MC menyampaikan sesuatu yang tidak dapat dipahami oleh audiensnya. Ketujuh, tepat waktu akan menunjukkan keseriusan dan pandai mengatur waktu, karena tugas MC berkaitan dengan pengelolaan waktu supaya acara berjalan baik. Kedelapan, merangkum atau meringkas isi pembicaraan harus dikuasai oleh MC. Tujuannya selain menambah ilmu, pun supaya MC dapat memahami dan menyimpulkan isi pembicaraan yang kemudian disampaikan kepada audiens. 

Masuk ke kiat kesembilan, yakni MC harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi sebelum tampil. Sebab, jangan sampai MC salah makan dan minum yang akan mengganggu jalannya acara dan akan mengurangi kepercayaan diri. Kesepuluh, gerakan monoton harus benar-benar dihindari karena dikhawatirkan akan mengaburkan pesan atau bahkan mengganggu konsentrasi audiens. Kesebelas, penguasaan diri oleh MC sangat perlu dilakukan, baik kontrol bicara, kontrol emosi, maupun kontrol gerak tubuh. Misalnya, ketika membuat lelucon, MC jangan ikut terbahak-bahak yang membuat audiens terganggu. Kiat kesembilan adalah relaksasi sebelum tampil. Cara termudah bagi MC untuk relaksasi dapat dengan menerapkan rumus 5-20-10, antara lain lima detik menghirup udara, dua puluh detik menahannya di dada, dan 10 detik menghembuskan udara pelan-pelan. Apabila hal itu dilakukan berulang akan sangat membantu MC untuk tenang, sehingga lebih mampu menguasai diri.



Sumber buku: https://www.alqalammedialestari.com/2023/01/public-speaking.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640