Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Apa itu Pidato?

 



Apa itu Pidato?


Definisi Pidato

Berpidato merupakan usaha menyampaikan gagasan kepada orang lain atau audiens dalam jumlah banyak pada kegiatan tertentu. Penyampaian gagasan ini harus menggunakan bahasa yang baik dan mudah diterima audiens. Pidato berisi penjelasan tentang ide dan petunjuk atau juga berisi nasihat kepada audiens, sesuai dengan konteks pidato. Biasanya, pidato akan disampaikan oleh orang yang dianggap penting dan dibutuhkan pernyataannya.

Pidato dianggap sebagai piranti yang sering digunakan oleh seseorang dalam upaya menyampaikan tujuan dalam sebuah forum secara lisan. Dalam penyampaian tujuan tersebut pastinya memerlukan teknik kemahiran memilih kata atau bahasa efektif untuk memengaruhi komunikan atau pendengar (audiens). Menurut Arsjad (1988) berpidato lebih kepada penyampaian pikiran, gagasan, atau informasi kepada khalayak ramai dengan maksud untuk meyakinkan.

Keraf (2004) pun beranggapan bahwa pidato termasuk seni monologika dalam keterampilan berbicara di era retorika modern. Monologika adalah ilmu tentang seni berbicara secara monolog. Dalam hal ini hanya ada satu orang yang berbicara kepada sekelompok orang, dan bentuk utama monologika adalah pidato. Rakhmat (2009) menambahkan bahwa pidato ini sebagai komunikasi tatap muka dua arah, yakni ketika pembicara harus tetap memperhatikan lawan biacaranya, meskipun pembicara banyak mendominasi pembicaraan.

Keterampilan dalam berpidato merupakan keterampilan yang produktif untuk menyampaikan gagasan yang dimiliki menyangkut kepentingan orang banyak. Sebab, sangatlah penting untuk mendidik dan melatih kemampuan berpidato seseorang supaya dapat menyampaikan pemikiran secara tepat. Sebagai wujud keterampilan berbicara, dalam penyampaian gagasan membutuhkan penguasaan materi dan kesiapan mental.

Tujuan Berpidato

Menyampaikan pandangan, gagasan, atau cara berpikir seseorang kepada khalayak ramai tentu saja memiliki tujuan-tujuan yang berbeda. Penyampaian yang baik akan memberikan suatu kesan positif kepada audiens. Berpidato memiliki tujuan informatif, persuasif, argumentatif, deskriptif, dan rekreatif. Tujuan informatif, adalah menyampaikan informasi kepada audiens. Persuasif, mengandung ajakan maupun bujukan kepada audiens, contohnya kampanye atau dakwah. Argumentatif, berisi alasan-alasan yang dapat meyakinkan audiens. Kemudian tujuan deskriptif berisikan penggambaran suatu keadaan. Satu lagi, pidato memiliki tujuan rekreatif yakni untuk menghibur audiens seperti dalam sebuah pesta.

Prinsip Pokok Terampil Berpidato

Suksesnya sebuah pidato ditentukan oleh beberapa hal sebagai prinsip pokok penentunya. Prinsip pokok untuk terampil berpidato menurut Rakhmat
(2009) di antaranya adalah verbal, vokal, dan visual (3V). Ketiganya terhubung pada cara manusia menyerap informasi secara maksimal dan dapat tersentuh emosinya.

Verbal, prinsipnya berkaitan dengan artikulasi suara, meliputi kejelasan pengucapan huruf, diksi, dan bahasa. Vokal, mekanime vokal ini adalah bagaimana mengubah bunyi menjadi kata, kalimat, dan menyangkut intonasi suara, meliputi tinggi rendahnya, berirama atau monotonnya, bahkan diamnya. Sebab, waktu untuk diam dan berbicara kembali merupakan aspek dalam berpidato. Kemudian, visual, meliputi ekspresi tubuh, gerak badan, gerak tangan, serta media yang digunakan. 


Sumber buku: https://www.alqalammedialestari.com/2023/01/public-speaking.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640