Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Mari Berpantun (Kumpulan Pantun)

 




ANIS HIDAYAH

EDITOR: LUKITO LEBDO PITONO


PROLOG

Alhamdulillahirobbil alamin, segala puji kami panjatkan ke hadirat Allah SWT. Karena atas karuni-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan penulisan buku kumpulan pantun ini.
Buku kumpulan pantun ini dapat tersusun tentunya berkat doa dan bantuan teman dan kerabat, yang tidak henti-hentinya memberikan dukungan semangat kepada penulis.
Pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada:
1. Bapak Drs. H. Muslimin Winoto, M. Pd.I. selaku kepala MAN 1 Cilacap yang selalu memberikan motivasi.
2. Bapak Lukito Lebdo Pitono, yang selalu memberikan semangat dan dukungan hingga buku ini dapat diterbitkan.
3. Bapak/Ibu guru dan karyawan MAN 1 Cilacap yang selalu memberikan support dan respons positif.
4. Suami, anak dan menantu serta keluarga tercinta yang selalu memberikan dukungan baik langsung maupun tidak langsung.
Buku kumpulan pantun ini tersusun dengan tujuan menghimpun pantun yang masih ‘berserakan’ yang selama ini penulis gunakan untuk komunikasi intern di lingkungan MAN 1 Cilacap sebagai informasi atau pengingat agenda madrasah atau sekedar penyegar suasana. Pada awalnya dalam berkomunikasi dengan pantun ini penulis menggunakan SMS, BBM, kemudian berkembang menggunakan WhatsApp (WA) dan Facebook.  
Penulis berharap semoga buku ini bisa dijadikan motivasi bagi penulis maupun pembaca, khususnya yang gemar berpantun untuk dapat menggunakan puisi lama seperti pantun dan berbagai versinya seperti karmina, talibun, atau pantun berkait dalam kehidupan sehari-hari. Dengan demikian hal ini diharapkan dapat ikut melestarikan salah satu warisan budaya asli Indonesia yaitu pantun.
Penulis menyadari bahwa hasil karya ini masih banyak kekurangannya. Oleh karena itu penulis membuka ruang kepada pembaca untuk memberikan saran dan kritik agar pada kesempatan lain akan lebih baik. Penulis juga mohon maaf jika ada yang kurang berkenan dengan isi pantun yang penulis susun. 


KATA PENGANTAR

Alhamdulillah segala puji bagi Allah atas segala nikmat dan karunia-Nya. Shalawat dan salam semoga tercurah kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan orang-orang yang mengikuti sunnah beliau.

Dalam mengembangkan potensinya seorang guru diberi kesempatan untuk menghasilkan karya diantaranya karya tulis ilmiah, karya inovatif dan karya teknologi. Penulisan kumpulan pantun ini merupakan salah satu hasil karya yang bisa dijadikan bukti karya inovatif seorang guru. 

Pantun sebagai puisi lama Indonesia merupakan warisan yang harus dilestarikan. Salah satunya dengan memanfaatkan sebagai media komunikasi. Ternyata dengan menggunakan pantun dapat membangkitkan semangat para guru dan karyawan serta lebih komunikatif.

Sebagai atasan saya berikan apresiasi positif atas hasil karya yang disusun oleh guru MAN 1 Cilacap, yakni Dra. Anis Hidayah. Semoga karya ini dapat menginspirasi bagi guru-guru lain. Harapan saya semoga buku kumpulan pantun ini dapat menambah wawasan dan meningkatkan budaya literasi. Selain itu semoga buku ini dapat memberikan manfaat kepada penulis dan para pembaca.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640