Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Antologi Esai Kmb Kepenulisan Batch 1

 

Menulis bukan hanya tentang mencatat apa yang kita dapatkan dalam pembelajaran, tapi juga tentang menuliskan sesuatu yang telah menjadi pemahaman kita dalam bentuk berbeda. Jelasnya, informasi dari luar akan masuk terlebih dahulu melalui indera kita baik mata hingga telinga, kemudian masuk ke otak, diolah pada lobus-lobus otak tertentu dan masuk pada memori. Tak hanya itu, singkatnya otak akan mengaktifkan motorik kita untuk menuliskan apa yang kita pahami sehingga anggota tubuh dan otak berkoordinasi untuk dapat dituangkan dalam bentuk tulisan.

Ada fakta menarik lagi yang berkaitan dengan hal ini. Sebuah penelitian dari NTL Institute menemukan bahwa retensi pengetahuan pada rata-rata orang dapat meningkat hingga 90% jika kita melakukan participatory teaching methods. Retensi pengetahuan tertinggi tersebut dapat dilakukan dengan metode “Teach Other”. Subjektivitas saya menyimpulkan, kegiatan menulis dapat memfasilitasi hal tersebut. Betapa pun, kita seolah mengajarkan satu konsep ilmu dalam bentuk tulisan kepada orang lain. Catat baik-baik bahwa ini dapat menjadi ladang amal jariyah kita.

Kompleks bukan? Kalau semua hal kita coba telusuri, maka kita akan semakin bersyukur atas nikmat yang Allah berikan kepada kita, yang bahkan tidak bisa kita hitung (An-Nahl: 18). Maka menulis bisa menjadi sebuah amanah bagi kita. Tidak semua orang memiliki kesempatan yang sangat potensial ini.

Alhamdulillah, dengan izin Allah esai teman-teman kelas kepenulisan di KMB LDK Syahid UIN Jakarta diinisiasi untuk dibuat dalam bentuk buku antologi. Ini adalah suatu mahakarya yang tidak mudah. Teman-teman sudah sangat berjuang sampai titik ini, bahkan bisa jadi melawan penjara pikiran yang mungkin pernah membelenggu, hambatan di luar diri dan kendala lainnya. Tapi tetap niat terbaik untuk mengoptimalkan Amanah potensi yang Allah berikan serta menebar manfaat lebih luas menjadi saksi nantinya di hadapan Allah atas hal tersebut.

BaarakAllah! Selamat atas karyanya (yang mungkin saja ini adalah karya pertama teman-teman, dalam bentuk tulisan). Semoga bermanfaat dan selalu scale up diri. Terlebih tulisan memang suatu skill yang harus selalu di asah. Semoga Allah selalu membimbing teman-teman dalam naungan rahmat dan ridho-Nya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640