Kami adalah penyedia jasa penerbitan dan percetakan yang telah beroperasi sejak tahun 2016, dan bergabung menjadi anggota IKAPI dengan nomor 258/JTE/2023. Jika Anda memiliki naskah yang masih nganggur, daftar dan terbitkan bukumu sekarang !!!LIHAT PAKET TERBIT- Menulis Untuk Kemanfaatan -

no-pad-v widgetNoTitle noCapSlider

6/slider/Featured/16-9/1480

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A1
25k / bulan
60k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right unavailable col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - A2
25k / bulan
60k / 3 bulan

Indahnya Sebuah Senyuman



Indahnya Sebuah Senyuman
Oleh : Melly Lestari

            Mungkin banyak di antara kita yang sudah mengetahui bahwa begitu banyak manfaat yang dapat diperoleh dari sebuah senyuman. Misalnya dalam bidang kesehatan, bidang sosial, bahkan dalam bidang agama terutama agama Islam.
Dalam bidang kesehatan, banyak sekali dokter yang mengatakan bahwa tersenyum mampu menyehatkan seseorang dan meminimalkan ancaman berbagai penyakit yang mungkin saja bisa menyarang pada tubuh manusia. Bahkan ada juga sebuah terapi yang menggunakan cara tertawa, karena otot-otot wajah akan tertarik dan itu akan mencegah penuaan dini, sehingga wajah akan lebih terlihat cerah dan nampak selalu muda.
Dan jika dilihat dalam bidang sosial atau interaksi kita dengan orang lain, tentu akan lebih banyak lagi manfaatnya. Sebuah senyuman tentu tak sulit untuk kita temukan, entah itu dari orangtua, kerabat, atau pun orang yang sebelumnya belum kita kenal. Namun alangkah manis dan baiknya pemandangan itu ketika kehadiran kita disambut seseorang yang mungkin sebelumnya belum kita kenal dengan sebuah senyuman yang tulus, tentu kita pun akan dengan segera membalas senyum itu, iya kan? Dan itu dapat mempererat tali persaudaraan kita, kehidupan pun akan terasa lebih damai dengan saling beramah tamah menebarkan senyum yang membangkitkan semangat.
            Namun beda halnya jika kita bertemu dengan siapapun itu, entah saudara atau orang yang belum kita kenal sebelumnya dengan gaya wajah yang cemberut dan ekspresi wajah yang menyeramkan, tentu kita pun akan merasa enggan untuk mendekat, apalagi untuk  menyapanya. Bisa-bisa kita malah ikut kena marah! Ahh, betapa ruginya kita yang membiasakan diri melipat muka menampakkan kecewa. Teman tak dapat, apalagi nasehat. Orang pun akan merasa penat ketika mendapati kita dengan wajah yang terlipat-lipat.
            Senyuman adalah suatu hal yang murah, namun sangat banyak manfaatnya. Namun tak semua orang bisa memberikan senyuman yang tulus melainkan hanya modus. Ahh, banyak dijaman ini yang menggunakan cara senyum modus atau modal dusta, bisa juga disebut senyum palsu untuk menutupi sesuatu. Namun juga tidak semuanya seperti itu, ada juga yang menggunakan senyuman sebagai senjata untuk menutupi luka di hatinya, semata-mata agar kesedihannya itu tidak terlihat oleh orang lain, dan hanya ia yang boleh mengetahuinya. Sungguh mengharukan.
            Senyuman itu memperkaya siapapun yang melihatnya, ia akan merasa dihargai dan dihormati oleh orang yang menghaturkan senyum kepadanya. Dan hal tersebut sama sekali tidak merugikan orang yang memberi senyum, melainkan yang didapatkan adalah sebuah keuntungan besar, berupa keindahan silaturahim yang pastinya akan terjalin semakin erat. Tersenyum tidak membutuhkan waktu yang lama, namun senyuman yang tulus akan selalu dikenang selamanya. Bahkan bisa juga sebuah cinta mampu tumbuh karena berawal dari sebuah senyuman yang tulus lho, hehe. Tapi jangan sekali-kali tersenyum sendirian ya, nanti dikira orang macam-macam.
            Senyuman adalah sesuatu yang mengayakan diri. Ya, karena dengan tersenyumlah hidup ini akan terasa ringan, seberat apapun ujian hidup ini jika dihadapi dengan tersenyum dan bersyukur, maka akan terasa mudah dan tidak cenderung menjadi depresi atau stress, itu karena cara berfikir yang selalu positif. Ia adalah sarana istirahat bagi yang lelah, sinar bagi yang kecewa, matahari bagi yang sedih, dan penangkal kesulitan yang terbaik. Karena belum tentu seseorang yang mudah tersenyum sama sekali tidak mempunyai masalah yang pelik dalam hidupnya, namun itu karena mereka mampu membungkus sebuah duka menjadi hal positif dan terus menebarkan senyum, sehingga yang orang lain tahu tentang dirinya adalah keceriaan dan kebahagiaan yang terpancar dari setiap senyumnya, sungguh … ia adalah suatu hal yang sangat indah. Dan bukan hanya untuk dirinya sendiri melainkan juga untuk orang-orang yang berada di sekelilingnya.
            Dengan sebuah senyuman, ia akan dengan sendirinya menciptakan kebahagiaan dimana pun, entah itu di rumah, di sekolah, di tempat kerja atau pun di tempat yang lain. Ia juga mampu membangun i’tikad/maksud baik dengan siapa pun, karena dengan senyuman mampu membangun rasa silaturahim dan persahabatan yang semakin erat. Meski begitu, sebuah senyuman tidak bisa dibeli, dipinjam, diminta ataupun dicuri, karenanya ia sama sekali tidak berguna sebelum diberikan.

Bahkan dalam agama Islam, Rasulullah SAW pernah bersabda bahwa sebuah senyuman adalah bagian dari sedekah. Betapa indahnya sebuah senyuman! Mari kita terus menebarkan senyum semangat saudaraku! Hilangkan kegelisahan dan kekalutan, ganti dengan senyuman yang menguatkan! Senyuman ramah yang  mempererat tali persaudaraan karena Allah!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Iklan Tersedia ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads left available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B1
10k / bulan
25k / 3 bulan

Iklan Tersedia ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9

Iklan Tersedia <a href="wAC">ads right available col-xs-12 col-sm-6 img-16-9</a>
SPACE IKLAN - B2
10k / bulan
25k / 3 bulan

Mungkin Kamu Sukacol-xs-12 col-sm-12 col-md-12 col-lg-10 col-lg-offset-1

8/grid/random/1-1/640